Kamis, 27 Maret 2008

Kreatifitas Remaja

Masa Remaja memang saat yang tepat untuk mengembangkan segala potensi diri dan segala kreatifitas. Karena menurut saya, masa remaja adalah masa - masanya timbul banyak imajinasi dan mungkin karena itu melalui tangan, imajinasi, dan fikiran remaja akan muncul banyak kreatifitas.

Sebenarnya kreatifitas diri saya biasa saja, tetapi sewaktu saya masih duduk di kelas XI Aliyah saya pernah membuat taplak meja kecil dari benang woll. Selain itu, saya juga pernah membuat tas dan gantungan kunci berbentuk hewan dari mute/manik - manik, serta membuat payet (hiasan yang terdapat pada baju,sepatu, sendal, dll berupa mute/manik - manik).

Dari yang pernah saya temukan dan lihat, biasanya remaja mempunyai kreatifitas dalam bidang mengkreasikan sesuatu yang indah. Sebagai contoh dari pengalaman pribadi, saya pernah mendapat hadiah ulang tahun dari seorang teman yang bernama Habibah berupa sabun mandi yang dikreasikan dan dihiasi dengan pita dan jarum pentul yang membentuk seperti taman bunga. Dan hadiah itupun dibuatnya sendiri.

Ada lagi seorang teman yang mengkreasikan mika handphonenya dengan tip-ex, namanya Tika. Karena menurut dia mikanya sudah retak, jelek dan dia belum mempunyai uang untuk membelinya. Maka dari itu, untuk menutupi keretakkan mikanya dia menghiasi mikanya dengan coretan - coretan tip-ex. Karena hasilnyapun tidak begitu mengecewakan, sehingga ada beberapa teman saya juga yang minta mika handphonenya dihisi olehnya.

Dan sewaktu kuliah saya juga mempunyai teman yang mempunyai kreatifitas yang sangat unik, karena dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari - hari, namanya Intan Puspita. Dia dapat membuat kerajinan tangan dari bahan planel, dari bahan itu dia dapat membuat bros untuk hiasan baju/jilbab, tempat pensil, tempat handphone, tempat uang receh, dan gantungan tas/kunci/hp.

Itulah beberapa kreatifitas beberapa remaja yang saya kenal dari dekat dan saya dapat belajar dari mereka tentang kreatifitas masing - masing. Sebenarnya masih banyak kreatifitas remaja lainnya, tetapi hanya ini yang dapat saya ceritakan, karena keterbatasan waktu dan pengalaman saya.


Tidak ada komentar: